Analisis Cover Art pada Album Lagu
Nama: Frizka Zahra Aurellia
NPM: 202246500195
Kelas: R4C
Jurnal 1
Judul Jurnal: KONSTRUKSI
MODERNITAS DALAM ALBUM RADIOHEAD (ANALISIS SEMIOTIKA PADA LIRIK LAGU DAN
ARTWORK ALBUM OK COMPUTER)
Penulis: Ahmad
Syarif
Metode:
Data yang
dikumpulkan dalam penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer
berupa lirik lagu dan artwork yang terdapat dalam booklet album OK Computer.
Sementara data sekunder berupa informasi-informasi tambahan dari beberapa literatur
dan media. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah analisis tekstual
kualitatif dengan menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes. Analisis
dilakukan dengan mengkonotasikan teks lirik dan citra-gambar artwork yang
terdapat dalam booklet album OK Computer.
Hasil Penelitian:
Hasil penelitian
pada jurnal ini menunjukkan bahwa Radiohead menggunakan beberapa penanda yang
menunjukkan kehadiran dalam menandai modernitas. Pertama, penanda dihadirkan
dalam bentuk penanda konotasi baik dengan menggunakan elemen linguistik dan
citragambar. Ke dua, penanda lainnya digunakan melalui penggunaan gaya bahasa
metafora dan simile. Radiohead mengkonstruksi modernitas melalui pengkombinasian
dua penanda ini sebagai suatu sistem yang dipenuhi oleh kontradiksi.
Kontradiksi ini hadir dalam keseharian masyarakat moderen mulai dari teknologi,
transportasi, budaya dan gaya hidup, sistem kerja hingga konsumerisme.
Sumber: https://core.ac.uk/download/pdf/25491605.pdf
Jurnal 2
Judul Jurnal: ANALISIS
SEMIOTIKA COVER ALBUM “AMERICAN IDIOT” BANDGREEN DAY
Penulis: Rinto
Wahyutama, Meirina Lani Anggapuspa
Metode:
Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kualitatif ang bersifat deskriptif. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori semiotika
Roland Barthes. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui makna yang terkandung dalam desain cover album
American Idiot.
Hasil Penelitian:
Hasil dari
penelitian ini adalah pemaknaan dari cover album American Idiot. Setelah melalui proses analisis, cover album American
Idiot memiliki makna bahwa jangan menjadi seorang Amerika yang bodoh. Artinya
seorang yang menelan informasi dari media secara mentah-mentah merupakan orang yang
bodoh, karena pemerintah Amerika memanfaatkan media untuk propaganda. Selain itu, album ini juga memiliki makna
perlawanan terhadap kebijakan perang dari pemerintah Amerika Serikat.
Sumber: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/38006/33583
Jurnal 3
Judul Jurnal: ANALISIS
SEMIOTIKA DESAIN COVER ALBUM “BLACK MARKET LOVE” DARI BAND SUPERMAN IS DEAD
Penulis: Patrick
Victor
Metode:
Dalam
penelitian ini peneliti memakai model dari Roland Barthes, dengan teori
Semiotika atau semiotika Roland Barthes yang mengacu pada Sausure dengan
menyelidiki hubungan antara penanda dan petanda pada sebuah tanda. Hubungan
penanda dan petanda ini bukanlah equality (menandakan kesamaan kedudukan),
tetapi equivalen (hubungan atau korelasi). Bukannya yang satu kemudian membawa
pada yang lain, tetapi korelasilah yangmenyatukan keduanya. Peneliti
menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme yaitu memandang ilmu sosial
sebagai analisis sistematis terhadap socially meaningful action, melalui
pengamatan langsung terhadap perilaku sosial dalam setting yang alamiah, agar
mampu memahami dan menafsirkan bagaimana pelaku sosial yang bersangkutan
menciptakan dan memelihara dunia sosial mereka
Hasil Penelitian:
Peneliti
menyimpulkan bahwa di mana pada intinya pesan yang hendak disampaikan melalui
cover Black Market Love dapat ditangkap oleh siapa saja yang melihat cover dari
album “Black Market Love” tersebut. Pesan yang hendak di sampaikan oleh
Superman Is Dead melalui album “Black Market Love” adalah meskipun terkadang
seseorang menjalani hidup dalam keadaan negative, yaitu di tengah kekerasan,
pengaruh minuman keras, obat-obatan terlarang, namun orang tersebut harus
memiliki prinsip dan tujuan untuk membahagiakan dirinya, serta orang-orang di
sekelilingnya tanpa melupakan bahwa mereka memerlukan alam dan harus menjaga
lingkungan disekitarnya, serta mengutamakan persahabatan dan menjunjung tinggi
persaudaraan dalam menjalani hal-hal tersebut.
Jurnal 4
Judul
Jurnal: ANALISIS PENGGAMBARAN KEMATIAN DI DALAM COVER ALBUM AVENGED
SEVENFOLD: KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES
Penulis: Muhammad Rifan Fadliansyah, Muhammad Rayhan Bustam
Metode:
Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode deskripsi
kualitatif, menganalisis simbolisme, dan semiotika yang kaya dalam setiap
sampul album. Setiap sampul album menggambarkan kematian dari perspektif yang berbeda,
mencakup pemberontakan, ketidakpastian, atau renungan tentang keterbatasan manusia. Dengan menerapkan
pendekatan semiotik Roland Barthes, penelitian ini mengungkap kedalaman
artistik band dan eksplorasi mereka tentang bagaimana kematian dipahami dan
direpresentasikan dalam budaya pop kontemporer.
Hasil
Penelitian:
Sebagai kesimpulan, sampul album Avenged Sevenfold
mencerminkan kekuatan semiotika dalam
mengungkap makna-makna tersembunyi
dan memberikan wawasan mendalam tentang pemahaman kematian
dalam budaya pop kontemporer
Sumber: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/mahadaya/article/view/11275/3991
Jurnal 5
Judul
Jurnal: Analisis Cover Album “Savage” Dari Girl Group Aespa
Penulis: Salsabila Hamza, Jupriani Jupriani
Metode:
Pada penelitian ini penulis
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, analisis ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan teori semiotika Charles Sanders Pierce. Sumber daya yang
diperoleh berupa data primer yang didapatkan langsung dari album fisik “Savage”
versi SYNK DIVE dan proses wawancara, sedangkan data sekunder berupa berbagai
sumber literasi yang ada.
Hasil Penelitian:
Hasil penelitian yang didapatkan
penulis merupakan desain sampul ini dibuat untuk memvisualisasikan isi dari
lagu dan konsep yang hadir dalam album, yang dirancang menggunakan aliran futurisme
yang menggambarkan kecepatan sebuah gerakan.
Sumber: https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jkpu/article/download/414/395
Jurnal 6
Judul
Jurnal: MAKNA SAMPUL ALBUM “MISTERIA” GRUP MUSIK GOODNIGHT ELECTRIC
(ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)
Penulis: Alfathan
Putut Panggiring, Oktaviana Purnamasari.
Metode:
Pada penelitian ini penulis
menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang memilik tiga tingkatan
signifikansi, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif, serta metode dalam penelitian ini menggunakan
metode semiotika Roland Barthes. Untuk menguji keabsahan data digunakan
triangulasi sumber dengan dua sumber.
Hasil Penelitian:
Pada penelitian ini penulis mengemukakan
hasil yang diperoleh dari tingkatan. Tingkat denotasi yaitu pada cover Album
Misteria terdapat penggunaan logo pada Album Misteria, foto personel Goodnight
Electric, kata Misteri, warna background cover album, dan garis gelombang. Pada
tataran konotasi, Goodnight Electric memiliki harapan baru untuk masa depan
melalui update yang dilakukan, dalam kondisi saat ini GE juga memiliki rasa
optimisme yang tinggi untuk dapat selalu menghasilkan karya-karya yang menarik
dan dapat diterima oleh pecinta musik indi. Pada tataran mitos, genre musik
psychedelic negatif bisa menjadi karya musik yang menarik jika dilihat dari
sisi positifnya, seperti yang dilakukan grup musik Goodnight Electric dalam
Album Misteria.
Sumber: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JBK/article/view/16532/8516
Jurnal 7
Judul Jurnal: ANALISIS
SEMIOTIKA COVER ALBUM SONIC YOUTH BAND (Studi kasus Semiotika terhadap Cover
Album Berjudul Goo Dari Band Sonic Youth menggunakan Pendekatan Semiotika
Roland Barthes)
Penulis: Muhammad
Reynaldi
Metode:
Pada
penelitian ini penulis menjelaskan terkait makna denotasi, konotasi, dan mitos
yang terkandung pada cover album Goo dari band Sonic Youth berdasarkan
teori semiotika Roland Barthes.
Hasil Penelitian:
Pada hasil
penelitian penulis mengemukakan bahwa pada cover album Goo dari band Sonic
Youth terdapat beberapa tanda yang dijadikan bahan analisis yaitu warna hitam,
putih, ilustrasi seorang lelaki yang merangkul perempuan, nama identitas Sonic
Youth serta tulisan LP, frame yang rada mirinng, serta tulisan “I stole my
sister’s boyfriend it was all whirlwind heat, and flash. With in a week we
killed my parents and hit the road”.
Sumber: http://repository.unas.ac.id/8730/
Jurnal 8
Judul Jurnal: ANALISIS
SEMIOTIKA COVER ALBUM CRIMSON EYES SIGMUN BAND Studi Semiotika terhadap Cover
Album Crimson Eyes Sigmun Band menggunakan Pendekatan Semiotika Roland Barthes
Penulis: Riki Froto Zulius
Metode:
Pada penelitian
ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis teori semiotika
Roland Barthes, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa
observasi, studi kepustakaan, wawancara, dan analisis dokumen, dengan teknik
analisis data kualitatif yang bertahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian:
Hasil pada penelitian ini penulis
mengemukakan bahwa hasil yang diperoleh adalah cover album Crimson Eyes Sigmun Band ini memiliki enam
macam simbol yang mengandung makna. Terdiri dari makna denotasi, konotasi dan
mitos untuk patung, padang pasir dengan danau, langit dan juga warna merah,
coklat dan biru.
Sumber: https://repository.unpas.ac.id/11759/
Jurnal 9
Judul Jurnal: MAKNA SIMBOL KEKERASAN DALAM COVER ALBUM
BAND DEATH METAL (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce)
Penulis: EFRAIM, YUNOR
Metode:
Pada
penelitian ini penulis menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif
dengan tipe penelitian deskriptif, metode penelitian yang digunakan adalah
semiotika dengan melakukan wawancara mendalam dengan narasumber.
Hasil Penelitian:
Penulis mengemukakan hasil dari
penelitiannya yaitu bahwa musik
Death Metal terbentuk karena berbagai fenomena memilukan yang terjadi di dunia
ini, dan music Death Metal hanyalah sebuah ilustrasi dari rasa kemarahan para
penciptanya akan memilukanya dunia ini.
Sumber: https://repository.mercubuana.ac.id/46425/
Jurnal 10
Judul Jurnal: SAMPUL
ALBUM MUSIK SEBAGAI MEDIA BEREKSPRESI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS
PEIRCE TERHADAP SAMPUL ALBUM "SWIMMING" KARYA MAC MILLER)
Penulis: Shabrina Putri Nisakara
Metode:
Pada penelitian ini penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang semiotic dan
didasarkan oleh sifat interpretative. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data studi dokumentasi yang didukung sumber data primer dan
sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini berpedoman pada model
segitiga semiotika dari Charles Sanders Peirce.
Hasil Penelitian:
Pada penelitian ini penulis mengemukakan
hasil penelitiannya yaitu bahwa unsur yang ada pada sampul album “Swimming”
karya Mac Miller berhasil menunjukkan ekspresi Miller yang berkaitan dengan
kesadaran serta posisinya akan posisi, keberadaan serta perasaan yang pada saat
itu ia miliki dan rasakan.
Sumber: https://repository.upnvj.ac.id/24349/
Jurnal 11
Judul Jurnal: Semiotika
Makna Pesan Cover AlbumPermission to Dance Boyband BTS
Penulis: Eka
Megawati
Metode:
Pada
penelitian ini penulis menggunakan penelitian dengan teori semiotika Charles
Sanders Pierce, dengan metode penelitian yang digunakan yaitu analisis semiotika
pendekatan kualitatif.
Hasil Penelitian:
Pada hasil
penelitiannya penulis mengemukakan bahwa tanda yang hadir dalam sampul album mempunyai
arti yang dalam, tidak hanya menampilkan warna yang cerah seperti oranye, ungu,
hitam, biru, dan lain-lainnya. Bahkan dari gaya font, bentuk shape,
itu adalah merupakan ikon yang mempunyai arti yang bisa di interpretasikan
berbeda-beda tergantung dari berbagai persepsi siapa yang membaca dan melihat
arti dibaliknya. BTS berusaha untuk mengirim pesan lewat album mereka, tidak
hanya musiknya, bahkan dari sampul albumnya yang penuh dengan symbol yang
berartikan.
Sumber: https://jurnal.usahid.ac.id/index.php/mahardikaadiwidia/article/view/57/654
Jurnal 12
Judul Jurnal: KARTUN
SEBAGAI KOMUNIKASI VISUAL COVER ALBUM YOURSELF BAND WRONGWAY
Penulis: Dendy
Ilham Gumilang, Asidigisianti Surya Patria
Metode:
Pada
penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitan design thinking dengan
focus utama user dengan proses perancangan ini yang diawali dengan melakukan
interview bersama personel band Wrongway untuk mendapatkan detail mengenai
representasi serta isi dari album ini, kemudian mendengarkan lagu dari album
Yourself dan melalui proses analisis hingga ke proses perancangan. Sumber data
yang didapat berasal dari wawancara langsung dengan personil band Wrongway,
serta data sekunder dari literatur. Visualisasinya menerapkan gaya kartun
dengan menggunakan warna vibrant.
Hasil Penelitian:
Hasil
penelitian ini penulis mengemukakan bahwa karya komunikasi visual dengan
pendekatan ilustrasi dipilih karena dapat menyampaikan pesan dari isi album ke
dalam bentuk visual, sehingga diharapkan dapat membentuk citra album Yourself
dan memperkuat karakter musik hardcore yang dimainkan oleh band Wrongway.
Sumber: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48242
Jurnal 13
Judul Jurnal: ANALISIS
IDENTITAS VISUAL SAMPUL ALBUM “RIMPANG” EFEK RUMAH KACA
Penulis: Hilmy Dzakir Hidayatullah, Muammar Mochtar,. M.Ds
Metode:
Pada
penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan focus pada pengamatan yang mendalam. Untuk
pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
metode wawancara, observasi lapangan, dan studi literatur. Oleh karenanya,
penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas
suatu fenomena yang lebih komprehensif.
Hasil Penelitian:
Pada hasil
penelitiannya, penulis mengemukakan bahwa dari data yang diperoleh dan
dianalisis melalui kritik seni
Feldman. Berdasarkan metode dan analisis yang telah dilakukan peneliti
menyimpulkan bahwa dalam memvisualisasikan gagasan “mengakar” pada simbolsimbol
elemen visual yang dihadirkan sudah menggambarkan gagasan tersebut dan
mengkomposisikan bentuk yang sederhana membuat elemen visual menjadi focal
point. Kesan pendewasan juga terlihat dari komposisi yang sederhana, dalam hal
ini terlihat komposisi yang tidak asing, yakni komposisi yang simetris seperti
gaya desain yang cukup dikenal dengan istilah “Swiss Design” menggunakan tata
letak yang sudah diatur sebelumnya, akan tetapi pada elemen visual yang
digunakan tidak selaras dengan prinsip yang dikatakan oleh Josef
Muller-brockmann yang menggunakan elemen desain subjektif, atau rasional. Dalam
elemen visual yang digunakan bukanlah satu-satunya album yang pernah diterapkan
dalam suatu sampul album musik, dengan metode dan teknik yang berbeda namun
menghasilkan visual mirip dengan album musik “Rimpang” ini.
Sumber: https://repository.unpas.ac.id/64857/
Jurnal 14
Judul Jurnal: A Semiotic
Analysis On The Avenged Sevenfold’s “Nightmare” Album Cover Of 2010
Penulis: Megawati, Wahyu
Metode:
Pada
penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian kualititatif yang
berkaitan dengan analisis dokumen. Sumber
data adalah gambar sampul album depan Avenged Sevenfold`s Nightmare 2010. Dalam
menganalisis data, penulis mengelompokkan tanda ke dalam klasifikasi mode tanda
peirce dan menggunakan data yang sama untuk digabungkan sebagai persatuan dan
yang dianalisis menggunakan Morris. `Metode yang meliputi sintaksis, semantik
dan pragmatik
Hasil Penelitian:
Pada hasil
penelitiannya, penulis mengemukakan bahwa ada 24 tanda yang diklasifikasikan menjadi 7 ikon, 5 indeks dan 12
simbol. Kemudian, kombinasi tanda dianalisis menggunakan metode Morris. Sampul
album ini menggambarkan mistis dan kesengsaraan kerugian seseorang, dalam hal
ini kehilangan Pendeta. Pencipta sampul album menggunakan gambar kuburan untuk
menggambarkan kondisi rumah kehidupan nyata meskipun bahan furnitur semuanya
berbeda, mereka berbeda. dari yang digunakan dalam kehidupan nyata. Ini untuk
mengingatkan orang bahwa rumah masa depan rakyat adalah kuburan. Namun, sebuah
tanda yang melambangkan harapan memperkuat kondisi bahwa akan selalu ada
kebahagiaan setelah ketidakbahagiaan. Penulis mengharapkan bahwa temuan
penelitian ini menjadi referensi ke penulis berikutnya dan juga menyarankan
bahwa mereka tertarik untuk melakukan penelitian secara semiotik untuk memilih
teori dan metode yang berbeda, penemuan yang lebih dalam dalam elemen triadik
Peirce dan objek yang berbeda , atau adegan dalam film atau iklan.
Sumber: https://repository.ub.ac.id/id/eprint/102827/
Jurnal 15
Judul Jurnal: Analisis
Semiotika Visual pada Sampul Album Kunto Aji ‘Mantra Mantra’ Karya Naufal
Abshar
Penulis: Intan Herfani, Amalia
Metode:
Pada
penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan data berupa artikel, tulisan
dalam media, dan studi pustaka.
Hasil Penelitian:
Pada hasil
penelitiannya penulis mengemukakan bahwa penggambaran sosok potret yang menghadap kesamping merepresentasikan
musisi atau pemilik album ‘Mantra Mantra’ itu sendiri yang menceritakan bahwa
dalam pola pikir seseorang pasti terdapat banyak hal yang dipikirkan
didalamnya. Hal tersebut mungkin saja bisa membawa hal baik atau hal buruk
untuk diri sendiri. Tulisan-tulisan yang ada pada gambar otak tersebut
merupakan wujud dari pemikiran pemikirannya
Sumber: https://repository.ub.ac.id/id/eprint/184508/
Jurnal 16
Judul Jurnal: Analisa
Visual Desain Sampul Album Rekaman Glenn Fredly: Romansa ke Masa Depan
Penulis: Yulius
Carlo Ariobimo Mangangantung, Zita Nadia
Metode:
Pada
penelitian ini penulis menggunakan penelitian
yang secara khusus focus membahas visual desain sampul album rekaman Glenn
Fredly ‘Romansa Ke Masa Depan’ sebagai bahan analisis, dengan metode penelitian
yang digunakan adalah kualitatif, dengan cara analisis visual.
Hasil Penelitian:
Pada
hasil penelitiannya, penulis mengemukakan bahwa elemen desain dijabarkan dengan
prinsip desain yang diterapkan pada sampul album ini, selain itu, analisa juga
diperoleh dengan melakukan perbandingan dari visual album terdahulu Glenn
Fredly.
Jurnal 17
Judul Jurnal: PERANCANGAN
KOMUNIKASI VISUAL COVER SINGLE TERBARU BAND NORTHREAST “MOONLIGHT”
Penulis: Eddo Ar
Raniry, Hendro Aryanto
Metode:
Pada penelitian ini, penulis menggunakan
metode
penelitian kualitatif deskriptif dari proses pengumpulan data primer yang
diperoleh dari wawancara secara langsung dengan salah satu personel atu pendiri
band Northeast serta data sekunder dari internet. Kemudian untuk proses
analisis data menggunakan metode analisis 5W+1H agar dapat membantu proses
perancangan atau visualisasi karya desain cover single Moonlight.
Hasil Penelitian:
Pada hasil penelitiannya, penulis
mengemukakan bahwa bentuk ilustrasi divisualisasikan dengan menggunakan gaya Pop
Art, sehingga diharapkan dapat menyampaikan pesan dan membentuk citra dari lagu
Moonlight dengan tema lagunya yang menceritakan tentang percintaan anak muda
dengan gaya musik Pop Punk. Kata Kunci: Desain, Ilustrasi, Cover Single,
Moonlight, Northeast
Sumber: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48060
Jurnal 18
Judul Jurnal: Desain
Album “Collide” Band Dieoni
Penulis: Muhammad
Akhdan Sytra, Defrizal Saputra
Metode:
Pada
penelitian ini, peneliti menggunakan metode dengan perancangan menerapkan
pendekatan semiotika. Metode analisis data yang digunakan pada Perncangan
desain cover album ‘Collide’ band Dieonic yaitu Analisa 5W+1H., dan metode
perancangan 4D yang selanjutnya melakukan perancangan kreatif.
Hasil Penelitian:
Pada penelitian
ini, penulis mengemukakan hasil penelitian bahwa perancangan akan berupa media
utama dalam bentuk desain album itu sendiri serta media pendukung seperti CD
Album, booklet album, preview spotify, poster, tshirt, dan bendera. Semua media
tersebut akan diuji keefektifannya pada audiens target yang dimaksud untuk
memverifikasi sejauh mana keberhasilannya.
Sumber: https://prin.or.id/index.php/JURRSENDEM/article/download/2561/2344
Jurnal 19
Judul Jurnal: Analisis
Identitas Visual Cover Album Ombak Banyu Asmara Band Indie The Panturas
Penulis: Fahmi Abdullah, Agus Rahmat
Mulyana
Metode:
Pada penelitian
ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi
pustaka. Sampel penelitian yang digunakan berupa cover album Ombak Banyu Asmara
band The Panturas.
Hasil Penelitian:
Pada penelitian ini penulis
mengemukakan hasil dari penelitiannya bahwa identitas visual logo, warna, dan
unsur gambar dapat mengekspresikan suasana dari tema kelautan yang diangkat
album ini. Salah satu contoh identitas visual dapat dilihat dengan adanya unsur
gambar kapal laut yang berlabuh di pelabuhan, laut serta ombak, dan buaya yang
merupakan hewan perairan. Penggunaan warna bernuansa biru yang identik dengan
laut sekaligus bermakna menceritakan asal - muasal nama dan lika-liku
perjalanan, juga mendukung identitas visual kelautan dari album ini.
Sumber: https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/senada/article/view/2828
Jurnal 20
Judul Jurnal: Proses
Semiosis Objek Tanda Semiotika Pada Cover Album Eminem
Penulis: Albion, Lenno
Metode:
Pada
penelitiannya penulis menggunakan teori
Peirce yaitu segitiga semiotika untuk menganalisis proses semiosis yang
terdapat pada 10 cover album tersebut serta makna warna oleh Wierzbicka untuk
mengetahui makna dari warna yang terdapat pada cover album Eminem. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Hasil Penelitian:
Pada hasil
penelitiannya, penulis menemukan terdapat
beberapa objek seperti jalanan, rumah, pohon, tirai, langit, bendera Amerika,
sekop, dan darah. Pada cover album tersebut objek yang mendominasi yaitu pohon,
pohon melambangkan kedamaian dan harapan. Lalu, terdapat warna seperti hitam,
biru, kuning, abu – abu, sephia, merah, dan putih. Salah satu warna yang
dominan pada cover album tersebut adalah warna merah. Warna merah melambangkan
kepemimpinan, kedengkian, dan kemurkaan.
Sumber: https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/7687/
Komentar
Posting Komentar