Analisis Cover Art pada Album Lagu

Nama: Frizka Zahra Aurellia

NPM: 202246500195

Kelas: R4C


Jurnal 1

Judul Jurnal: KONSTRUKSI MODERNITAS DALAM ALBUM RADIOHEAD (ANALISIS SEMIOTIKA PADA LIRIK LAGU DAN ARTWORK ALBUM OK COMPUTER)

Penulis: Ahmad Syarif

Metode:

Data yang dikumpulkan dalam penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer berupa lirik lagu dan artwork yang terdapat dalam booklet album OK Computer. Sementara data sekunder berupa informasi-informasi tambahan dari beberapa literatur dan media. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah analisis tekstual kualitatif dengan menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes. Analisis dilakukan dengan mengkonotasikan teks lirik dan citra-gambar artwork yang terdapat dalam booklet album OK Computer.

Hasil Penelitian:

Hasil penelitian pada jurnal ini menunjukkan bahwa Radiohead menggunakan beberapa penanda yang menunjukkan kehadiran dalam menandai modernitas. Pertama, penanda dihadirkan dalam bentuk penanda konotasi baik dengan menggunakan elemen linguistik dan citragambar. Ke dua, penanda lainnya digunakan melalui penggunaan gaya bahasa metafora dan simile. Radiohead mengkonstruksi modernitas melalui pengkombinasian dua penanda ini sebagai suatu sistem yang dipenuhi oleh kontradiksi. Kontradiksi ini hadir dalam keseharian masyarakat moderen mulai dari teknologi, transportasi, budaya dan gaya hidup, sistem kerja hingga konsumerisme.

Sumber: https://core.ac.uk/download/pdf/25491605.pdf

 

Jurnal 2

Judul Jurnal: ANALISIS SEMIOTIKA COVER ALBUM “AMERICAN IDIOT” BANDGREEN DAY

Penulis: Rinto Wahyutama, Meirina Lani Anggapuspa

Metode:

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif ang bersifat deskriptif.  Analisis dilakukan dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang terkandung dalam desain cover album American Idiot.

Hasil Penelitian:

Hasil dari penelitian ini adalah pemaknaan dari cover album American Idiot.  Setelah melalui proses analisis, cover album American Idiot memiliki makna bahwa jangan menjadi seorang Amerika yang bodoh. Artinya seorang yang menelan informasi dari media secara mentah-mentah merupakan orang yang bodoh, karena pemerintah Amerika memanfaatkan media untuk propaganda.  Selain itu, album ini juga memiliki makna perlawanan terhadap kebijakan perang dari pemerintah Amerika Serikat.

Sumber: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/38006/33583

 

Jurnal 3

Judul Jurnal: ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN COVER ALBUM “BLACK MARKET LOVE” DARI BAND SUPERMAN IS DEAD

Penulis: Patrick Victor

Metode:

Dalam penelitian ini peneliti memakai model dari Roland Barthes, dengan teori Semiotika atau semiotika Roland Barthes yang mengacu pada Sausure dengan menyelidiki hubungan antara penanda dan petanda pada sebuah tanda. Hubungan penanda dan petanda ini bukanlah equality (menandakan kesamaan kedudukan), tetapi equivalen (hubungan atau korelasi). Bukannya yang satu kemudian membawa pada yang lain, tetapi korelasilah yangmenyatukan keduanya. Peneliti menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme yaitu memandang ilmu sosial sebagai analisis sistematis terhadap socially meaningful action, melalui pengamatan langsung terhadap perilaku sosial dalam setting yang alamiah, agar mampu memahami dan menafsirkan bagaimana pelaku sosial yang bersangkutan menciptakan dan memelihara dunia sosial mereka

Hasil Penelitian:

Peneliti menyimpulkan bahwa di mana pada intinya pesan yang hendak disampaikan melalui cover Black Market Love dapat ditangkap oleh siapa saja yang melihat cover dari album “Black Market Love” tersebut. Pesan yang hendak di sampaikan oleh Superman Is Dead melalui album “Black Market Love” adalah meskipun terkadang seseorang menjalani hidup dalam keadaan negative, yaitu di tengah kekerasan, pengaruh minuman keras, obat-obatan terlarang, namun orang tersebut harus memiliki prinsip dan tujuan untuk membahagiakan dirinya, serta orang-orang di sekelilingnya tanpa melupakan bahwa mereka memerlukan alam dan harus menjaga lingkungan disekitarnya, serta mengutamakan persahabatan dan menjunjung tinggi persaudaraan dalam menjalani hal-hal tersebut.

Sumber: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=807978&val=13180&title=ANALISIS%20SEMIOTIKA%20DESAIN%20COVER%20ALBUM%20BLACK%20MARKET%20LOVE%20DARI%20BAND%20SUPERMAN%20IS%20DEAD

 

Jurnal 4

Judul Jurnal: ANALISIS PENGGAMBARAN KEMATIAN DI DALAM COVER ALBUM AVENGED SEVENFOLD: KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Penulis: Muhammad Rifan Fadliansyah, Muhammad Rayhan Bustam

Metode:

Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode deskripsi kualitatif, menganalisis simbolisme, dan semiotika yang kaya dalam setiap sampul album. Setiap sampul album menggambarkan kematian dari perspektif yang berbeda, mencakup pemberontakan, ketidakpastian, atau renungan tentang    keterbatasan manusia. Dengan menerapkan pendekatan semiotik Roland Barthes, penelitian ini mengungkap kedalaman artistik band dan eksplorasi mereka tentang bagaimana kematian dipahami dan direpresentasikan dalam budaya pop kontemporer.

Hasil Penelitian:

Sebagai kesimpulan, sampul album Avenged Sevenfold mencerminkan kekuatan  semiotika  dalam  mengungkap  makna-makna  tersembunyi  dan  memberikan  wawasan mendalam tentang pemahaman kematian dalam budaya pop kontemporer

Sumber: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/mahadaya/article/view/11275/3991

 

Jurnal 5

Judul Jurnal: Analisis Cover Album “Savage” Dari Girl Group Aespa

Penulis: Salsabila Hamza, Jupriani Jupriani

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, analisis ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori semiotika Charles Sanders Pierce. Sumber daya yang diperoleh berupa data primer yang didapatkan langsung dari album fisik “Savage” versi SYNK DIVE dan proses wawancara, sedangkan data sekunder berupa berbagai sumber literasi yang ada.

Hasil Penelitian:

Hasil penelitian yang didapatkan penulis merupakan desain sampul ini dibuat untuk memvisualisasikan isi dari lagu dan konsep yang hadir dalam album, yang dirancang menggunakan aliran futurisme yang menggambarkan kecepatan sebuah gerakan.

Sumber: https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jkpu/article/download/414/395

 

Jurnal 6

Judul Jurnal: MAKNA SAMPUL ALBUM “MISTERIA” GRUP MUSIK GOODNIGHT ELECTRIC (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Penulis: Alfathan Putut Panggiring, Oktaviana Purnamasari.

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang memilik tiga tingkatan signifikansi, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, serta metode dalam penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dengan dua sumber.

Hasil Penelitian:

Pada penelitian ini penulis mengemukakan hasil yang diperoleh dari tingkatan. Tingkat denotasi yaitu pada cover Album Misteria terdapat penggunaan logo pada Album Misteria, foto personel Goodnight Electric, kata Misteri, warna background cover album, dan garis gelombang. Pada tataran konotasi, Goodnight Electric memiliki harapan baru untuk masa depan melalui update yang dilakukan, dalam kondisi saat ini GE juga memiliki rasa optimisme yang tinggi untuk dapat selalu menghasilkan karya-karya yang menarik dan dapat diterima oleh pecinta musik indi. Pada tataran mitos, genre musik psychedelic negatif bisa menjadi karya musik yang menarik jika dilihat dari sisi positifnya, seperti yang dilakukan grup musik Goodnight Electric dalam Album Misteria.

Sumber: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JBK/article/view/16532/8516

 

Jurnal 7

Judul Jurnal: ANALISIS SEMIOTIKA COVER ALBUM SONIC YOUTH BAND (Studi kasus Semiotika terhadap Cover Album Berjudul Goo Dari Band Sonic Youth menggunakan Pendekatan Semiotika Roland Barthes)

Penulis: Muhammad Reynaldi

Metode:

Pada penelitian ini penulis menjelaskan terkait makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terkandung pada cover album Goo dari band Sonic Youth berdasarkan teori semiotika Roland Barthes.

Hasil Penelitian:

Pada hasil penelitian penulis mengemukakan bahwa pada cover album Goo dari band Sonic Youth terdapat beberapa tanda yang dijadikan bahan analisis yaitu warna hitam, putih, ilustrasi seorang lelaki yang merangkul perempuan, nama identitas Sonic Youth serta tulisan LP, frame yang rada mirinng, serta tulisan “I stole my sister’s boyfriend it was all whirlwind heat, and flash. With in a week we killed my parents and hit the road”.

Sumber: http://repository.unas.ac.id/8730/

 

Jurnal 8

Judul Jurnal: ANALISIS SEMIOTIKA COVER ALBUM CRIMSON EYES SIGMUN BAND Studi Semiotika terhadap Cover Album Crimson Eyes Sigmun Band menggunakan Pendekatan Semiotika Roland Barthes

Penulis: Riki Froto Zulius

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis teori semiotika Roland Barthes, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, studi kepustakaan, wawancara, dan analisis dokumen, dengan teknik analisis data kualitatif yang bertahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian:

Hasil pada penelitian ini penulis mengemukakan bahwa hasil yang diperoleh adalah cover album Crimson Eyes Sigmun Band ini memiliki enam macam simbol yang mengandung makna. Terdiri dari makna denotasi, konotasi dan mitos untuk patung, padang pasir dengan danau, langit dan juga warna merah, coklat dan biru.

Sumber: https://repository.unpas.ac.id/11759/


Jurnal 9

Judul Jurnal: MAKNA SIMBOL KEKERASAN DALAM COVER ALBUM BAND DEATH METAL (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce)

Penulis: EFRAIM, YUNOR

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, metode penelitian yang digunakan adalah semiotika dengan melakukan wawancara mendalam dengan narasumber.

Hasil Penelitian:

Penulis mengemukakan hasil dari penelitiannya yaitu bahwa musik Death Metal terbentuk karena berbagai fenomena memilukan yang terjadi di dunia ini, dan music Death Metal hanyalah sebuah ilustrasi dari rasa kemarahan para penciptanya akan memilukanya dunia ini.

Sumber: https://repository.mercubuana.ac.id/46425/

 

Jurnal 10

Judul Jurnal: SAMPUL ALBUM MUSIK SEBAGAI MEDIA BEREKSPRESI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE TERHADAP SAMPUL ALBUM "SWIMMING" KARYA MAC MILLER)

Penulis: Shabrina Putri Nisakara

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang semiotic dan didasarkan oleh sifat interpretative. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumentasi yang didukung sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini berpedoman pada model segitiga semiotika dari Charles Sanders Peirce.

Hasil Penelitian:

Pada penelitian ini penulis mengemukakan hasil penelitiannya yaitu bahwa unsur yang ada pada sampul album “Swimming” karya Mac Miller berhasil menunjukkan ekspresi Miller yang berkaitan dengan kesadaran serta posisinya akan posisi, keberadaan serta perasaan yang pada saat itu ia miliki dan rasakan.

Sumber: https://repository.upnvj.ac.id/24349/

 

Jurnal 11

Judul Jurnal: Semiotika Makna Pesan Cover AlbumPermission to Dance Boyband BTS

Penulis: Eka Megawati

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian dengan teori semiotika Charles Sanders Pierce, dengan metode penelitian yang digunakan yaitu analisis semiotika pendekatan kualitatif.

Hasil Penelitian:

Pada hasil penelitiannya penulis mengemukakan bahwa tanda yang hadir dalam sampul album mempunyai arti yang dalam, tidak hanya menampilkan warna yang cerah seperti oranye, ungu, hitam, biru, dan lain-lainnya. Bahkan dari gaya font, bentuk shape, itu adalah merupakan ikon yang mempunyai arti yang bisa di interpretasikan berbeda-beda tergantung dari berbagai persepsi siapa yang membaca dan melihat arti dibaliknya. BTS berusaha untuk mengirim pesan lewat album mereka, tidak hanya musiknya, bahkan dari sampul albumnya yang penuh dengan symbol yang berartikan.

Sumber: https://jurnal.usahid.ac.id/index.php/mahardikaadiwidia/article/view/57/654

 

Jurnal 12

Judul Jurnal: KARTUN SEBAGAI KOMUNIKASI VISUAL COVER ALBUM YOURSELF BAND WRONGWAY

Penulis: Dendy Ilham Gumilang, Asidigisianti Surya Patria

Metode:

Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitan design thinking dengan focus utama user dengan proses perancangan ini yang diawali dengan melakukan interview bersama personel band Wrongway untuk mendapatkan detail mengenai representasi serta isi dari album ini, kemudian mendengarkan lagu dari album Yourself dan melalui proses analisis hingga ke proses perancangan. Sumber data yang didapat berasal dari wawancara langsung dengan personil band Wrongway, serta data sekunder dari literatur. Visualisasinya menerapkan gaya kartun dengan menggunakan warna vibrant.

Hasil Penelitian:

                Hasil penelitian ini penulis mengemukakan bahwa karya komunikasi visual dengan pendekatan ilustrasi dipilih karena dapat menyampaikan pesan dari isi album ke dalam bentuk visual, sehingga diharapkan dapat membentuk citra album Yourself dan memperkuat karakter musik hardcore yang dimainkan oleh band Wrongway.

Sumber: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48242

 

Jurnal 13

Judul Jurnal: ANALISIS IDENTITAS VISUAL SAMPUL ALBUM “RIMPANG” EFEK RUMAH KACA

Penulis: Hilmy Dzakir Hidayatullah, Muammar Mochtar,. M.Ds

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan focus pada pengamatan yang mendalam. Untuk pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi lapangan, dan studi literatur. Oleh karenanya, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif.

Hasil Penelitian:

Pada hasil penelitiannya, penulis mengemukakan bahwa dari data yang diperoleh dan dianalisis melalui kritik seni Feldman. Berdasarkan metode dan analisis yang telah dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa dalam memvisualisasikan gagasan “mengakar” pada simbolsimbol elemen visual yang dihadirkan sudah menggambarkan gagasan tersebut dan mengkomposisikan bentuk yang sederhana membuat elemen visual menjadi focal point. Kesan pendewasan juga terlihat dari komposisi yang sederhana, dalam hal ini terlihat komposisi yang tidak asing, yakni komposisi yang simetris seperti gaya desain yang cukup dikenal dengan istilah “Swiss Design” menggunakan tata letak yang sudah diatur sebelumnya, akan tetapi pada elemen visual yang digunakan tidak selaras dengan prinsip yang dikatakan oleh Josef Muller-brockmann yang menggunakan elemen desain subjektif, atau rasional. Dalam elemen visual yang digunakan bukanlah satu-satunya album yang pernah diterapkan dalam suatu sampul album musik, dengan metode dan teknik yang berbeda namun menghasilkan visual mirip dengan album musik “Rimpang” ini.

Sumber: https://repository.unpas.ac.id/64857/

 

Jurnal 14

Judul Jurnal: A Semiotic Analysis On The Avenged Sevenfold’s “Nightmare” Album Cover Of 2010

Penulis: Megawati, Wahyu 

Metode:

Pada penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian kualititatif yang berkaitan dengan analisis dokumen. Sumber data adalah gambar sampul album depan Avenged Sevenfold`s Nightmare 2010. Dalam menganalisis data, penulis mengelompokkan tanda ke dalam klasifikasi mode tanda peirce dan menggunakan data yang sama untuk digabungkan sebagai persatuan dan yang dianalisis menggunakan Morris. `Metode yang meliputi sintaksis, semantik dan pragmatik

Hasil Penelitian:

Pada hasil penelitiannya, penulis mengemukakan bahwa ada 24 tanda yang diklasifikasikan menjadi 7 ikon, 5 indeks dan 12 simbol. Kemudian, kombinasi tanda dianalisis menggunakan metode Morris. Sampul album ini menggambarkan mistis dan kesengsaraan kerugian seseorang, dalam hal ini kehilangan Pendeta. Pencipta sampul album menggunakan gambar kuburan untuk menggambarkan kondisi rumah kehidupan nyata meskipun bahan furnitur semuanya berbeda, mereka berbeda. dari yang digunakan dalam kehidupan nyata. Ini untuk mengingatkan orang bahwa rumah masa depan rakyat adalah kuburan. Namun, sebuah tanda yang melambangkan harapan memperkuat kondisi bahwa akan selalu ada kebahagiaan setelah ketidakbahagiaan. Penulis mengharapkan bahwa temuan penelitian ini menjadi referensi ke penulis berikutnya dan juga menyarankan bahwa mereka tertarik untuk melakukan penelitian secara semiotik untuk memilih teori dan metode yang berbeda, penemuan yang lebih dalam dalam elemen triadik Peirce dan objek yang berbeda , atau adegan dalam film atau iklan.

Sumber: https://repository.ub.ac.id/id/eprint/102827/

 

 

Jurnal 15

Judul Jurnal: Analisis Semiotika Visual pada Sampul Album Kunto Aji ‘Mantra Mantra’ Karya Naufal Abshar

Penulis: Intan Herfani, Amalia

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan data berupa artikel, tulisan dalam media, dan studi pustaka.

Hasil Penelitian:

Pada hasil penelitiannya penulis mengemukakan bahwa penggambaran sosok potret yang menghadap kesamping merepresentasikan musisi atau pemilik album ‘Mantra Mantra’ itu sendiri yang menceritakan bahwa dalam pola pikir seseorang pasti terdapat banyak hal yang dipikirkan didalamnya. Hal tersebut mungkin saja bisa membawa hal baik atau hal buruk untuk diri sendiri. Tulisan-tulisan yang ada pada gambar otak tersebut merupakan wujud dari pemikiran pemikirannya

Sumber: https://repository.ub.ac.id/id/eprint/184508/

 

Jurnal 16

Judul Jurnal: Analisa Visual Desain Sampul Album Rekaman Glenn Fredly: Romansa ke Masa Depan

Penulis: Yulius Carlo Ariobimo Mangangantung, Zita Nadia

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan  penelitian yang secara khusus focus membahas visual desain sampul album rekaman Glenn Fredly ‘Romansa Ke Masa Depan’ sebagai bahan analisis, dengan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan cara analisis visual.

Hasil Penelitian:

                Pada hasil penelitiannya, penulis mengemukakan bahwa elemen desain dijabarkan dengan prinsip desain yang diterapkan pada sampul album ini, selain itu, analisa juga diperoleh dengan melakukan perbandingan dari visual album terdahulu Glenn Fredly.

Sumber: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3241227&val=10330&title=Analisa%20Visual%20Desain%20Sampul%20Album%20Rekaman%20Glenn%20Fredly%20Romansa%20ke%20Masa%20Depan

 

Jurnal 17

Judul Jurnal: PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL COVER SINGLE TERBARU BAND NORTHREAST “MOONLIGHT”

Penulis: Eddo Ar Raniry, Hendro Aryanto

Metode:

Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dari proses pengumpulan data primer yang diperoleh dari wawancara secara langsung dengan salah satu personel atu pendiri band Northeast serta data sekunder dari internet. Kemudian untuk proses analisis data menggunakan metode analisis 5W+1H agar dapat membantu proses perancangan atau visualisasi karya desain cover single Moonlight.

Hasil Penelitian:

Pada hasil penelitiannya, penulis mengemukakan bahwa bentuk ilustrasi divisualisasikan dengan menggunakan gaya Pop Art, sehingga diharapkan dapat menyampaikan pesan dan membentuk citra dari lagu Moonlight dengan tema lagunya yang menceritakan tentang percintaan anak muda dengan gaya musik Pop Punk. Kata Kunci: Desain, Ilustrasi, Cover Single, Moonlight, Northeast

Sumber: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48060

 

Jurnal 18

Judul Jurnal: Desain Album “Collide” Band Dieoni

Penulis: Muhammad Akhdan Sytra, Defrizal Saputra

Metode:

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode dengan perancangan menerapkan pendekatan semiotika. Metode analisis data yang digunakan pada Perncangan desain cover album ‘Collide’ band Dieonic yaitu Analisa 5W+1H., dan metode perancangan 4D yang selanjutnya melakukan perancangan kreatif.

Hasil Penelitian:

Pada penelitian ini, penulis mengemukakan hasil penelitian bahwa perancangan akan berupa media utama dalam bentuk desain album itu sendiri serta media pendukung seperti CD Album, booklet album, preview spotify, poster, tshirt, dan bendera. Semua media tersebut akan diuji keefektifannya pada audiens target yang dimaksud untuk memverifikasi sejauh mana keberhasilannya.

Sumber: https://prin.or.id/index.php/JURRSENDEM/article/download/2561/2344

 

Jurnal 19

Judul Jurnal: Analisis Identitas Visual Cover Album Ombak Banyu Asmara Band Indie The Panturas

Penulis: Fahmi Abdullah, Agus Rahmat Mulyana

Metode:

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Sampel penelitian yang digunakan berupa cover album Ombak Banyu Asmara band The Panturas.

Hasil Penelitian:

Pada penelitian ini penulis mengemukakan hasil dari penelitiannya bahwa identitas visual logo, warna, dan unsur gambar dapat mengekspresikan suasana dari tema kelautan yang diangkat album ini. Salah satu contoh identitas visual dapat dilihat dengan adanya unsur gambar kapal laut yang berlabuh di pelabuhan, laut serta ombak, dan buaya yang merupakan hewan perairan. Penggunaan warna bernuansa biru yang identik dengan laut sekaligus bermakna menceritakan asal - muasal nama dan lika-liku perjalanan, juga mendukung identitas visual kelautan dari album ini.

Sumber: https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/senada/article/view/2828

 

Jurnal 20

Judul Jurnal: Proses Semiosis Objek Tanda Semiotika Pada Cover Album Eminem

Penulis: Albion, Lenno 

Metode:

Pada penelitiannya penulis menggunakan teori Peirce yaitu segitiga semiotika untuk menganalisis proses semiosis yang terdapat pada 10 cover album tersebut serta makna warna oleh Wierzbicka untuk mengetahui makna dari warna yang terdapat pada cover album Eminem. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.

Hasil Penelitian:

Pada hasil penelitiannya, penulis menemukan terdapat beberapa objek seperti jalanan, rumah, pohon, tirai, langit, bendera Amerika, sekop, dan darah. Pada cover album tersebut objek yang mendominasi yaitu pohon, pohon melambangkan kedamaian dan harapan. Lalu, terdapat warna seperti hitam, biru, kuning, abu – abu, sephia, merah, dan putih. Salah satu warna yang dominan pada cover album tersebut adalah warna merah. Warna merah melambangkan kepemimpinan, kedengkian, dan kemurkaan.

Sumber: https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/7687/

 


Komentar